Pemrograman berorientasi
obyek memecah komponen-komponennya menjadi obyek-obyek yang saling berinteraksi
yang terdiri dari obyek-obyek dapat dengan mudah dimodelkan sehingga program
bisa lebih mendekati kondisi yang sebenarnya.
Objek dan Class
Objek dan Class
Sebuah kelas menentukan
struktur dan behaviour dari sebuah obyek. Contohnya, bus, mobil, sepeda
motor yang didefinisikan sebagai sebuah kendaraan bermotor karena memiliki
beberapa karakteristik yang sama yaitu mempunyai mesin, menggunakan bahan bakar
minyak untuk pengoperasiannya. Kendaraan bermotor tersebut juga memiliki
beberapa atribut yang sama dalam kelasnya, contohnya mempunyai jumlah roda, no plat
kendaraan, nomor rangka mesin, jumlah kursi penumpang, dan lainnya.
Obyek merupakan dasar dari
pemrograman berorientasi obyek, didalam dunia nyata, setiap obyek yang ada
memiliki dua buah karakteristik: State dan behaviour.
-
State merupakan atribut yang dimiliki oleh sebuah obyek.
-
Behaviour adalah fungsi yang dimiliki dan bisa dijalankan oleh
penggunanya.
Contoh: obyek sepeda
-
Memiliki atribut
(state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda.
-
Memiliki tingkah
laku (behavior) : kecepatanya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda
Pada pemrograman
berorientasi objek :
-
State disimpan
pada variabel
-
Tingkah laku
disimpan pada method
Atribut
Definisi Atribut : adalah data yang
membedakan antara obyek satu dengan yang lain. Dalam class atribut disebut
sebagai Variabel
Contoh: Volcano Robot A Volcanic Exploration Vehicle
mempunyai atribut sebagai berikut:
-
Status exploring,
moving, returning home
-
Speed in miles
per hour
-
Temperature, in
Fahrenheit degrees
Behavior/Method
Behavior / tingkah laku adalah hal – hal
yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class.
Behavior dapat digunakan untuk mengubah
nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan
mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu task.
Contoh: Volcano Robot
-
Check current
temperature
-
Begin a survey
-
Report its
current location
Dalam class behavior disebut juga sebagai method
Methods: adalah serangkaian statmnets dalam suatu
class menghandle suatu task tertentu.
Cara objek berkomunikasi dengan objek lain adalah
dengan menggunakan method
Enkapsulasi
Enkapsulasi : pembungkusan variabel method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut.
Contoh : jam tangan
-
Penting sekali
untu, mengetahui waktu
-
Cara jam
mencatat waktu dengan baik antara jam bertebaga baterai atau bertenaga gerak
tidaklah penting kita ketahui
Pewarisan
Merupakan pewarisan atribut
dan method dari sebuah calss ke class lainnya
Class yang mewarisi disebut superclass, dan class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainnya atau disebut Multilevel inheritance
Class yang mewarisi disebut superclass, dan class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainnya atau disebut Multilevel inheritance
Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung.
-
Sepeda =
superclass
-
Sepeda gunung =
subclass
-
Sepeda gunung memiliki variabel dan
method yang dimiliki oleh sepeda.
Prinsip : Persamaan-persamaan yang dimiliki oleh
beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas
yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan.
Keuntungan Inheritance :
-
Subclass menyediakan state/behaviour
yang spesifik yang membedakan dengan superclass memungkinkan programmer untuk menggunakan
ulang source code dari superclass yang telah ada.
-
Programmer dapat mendefinisikan
superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk
mendefinisikan class dengan tingkah laku dan state secara umum.
Single dan Multiple Inheritance
-
C merupakan multiple inheritance Suatu
class diperbolehkan untuk mempunyai lebih dari satu superclass, variabel dan
method yang diwariskan merupakan kombinasi dari superclass-nya.
-
Java merupakan single inheritance. Suatu
class hanya boleh mempunyai satu superclass.
Polimorfisme
Kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk. Polymorphism dapat disamakan dengan Method Overloading, dimana di dalam sebuah class terdapat beberapa method dengan nama sama. Sebuah Method bernama CetakData() yang berfungsi menampilkan data String, tentu tidak bisa menangani masukan berupa data numerik, boolean, ataupun karakter, demikian juga sebaliknya. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan beberapa Method CetakData() yang akan menangani setiap tipe data, sehingga data apapun yang diberikan sebagai parameter tetap bisa diproses.
Untuk mengetahui informasi tentang pemrograman, silahkan kunjungi website ini : Kuliah Algoritma Pemrograman Java
Tidak ada komentar:
Posting Komentar