Senin, 01 Desember 2014

Konsep Pemrograman Berbasis Objek



Pemrograman berorientasi obyek memecah komponen-komponennya menjadi obyek-obyek yang saling berinteraksi yang terdiri dari obyek-obyek dapat dengan mudah dimodelkan sehingga program bisa lebih mendekati kondisi yang sebenarnya.

Objek dan Class

Sebuah kelas menentukan struktur dan behaviour dari sebuah obyek. Contohnya, bus, mobil, sepeda motor yang didefinisikan sebagai sebuah kendaraan bermotor karena memiliki beberapa karakteristik yang sama yaitu mempunyai mesin, menggunakan bahan bakar minyak untuk pengoperasiannya. Kendaraan bermotor tersebut juga memiliki beberapa atribut yang sama dalam kelasnya, contohnya mempunyai jumlah roda, no plat kendaraan, nomor rangka mesin, jumlah kursi penumpang, dan lainnya.

Obyek merupakan dasar dari pemrograman berorientasi obyek, didalam dunia nyata, setiap obyek yang ada memiliki dua buah karakteristik: State dan behaviour.

-          State merupakan atribut yang dimiliki oleh sebuah obyek.
-          Behaviour adalah fungsi yang dimiliki dan bisa dijalankan oleh penggunanya.

Contoh: obyek sepeda

-          Memiliki atribut (state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda.
-          Memiliki tingkah laku (behavior) : kecepatanya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda

Pada pemrograman berorientasi objek :

-          State disimpan pada variabel
-          Tingkah laku disimpan pada method

Atribut

Definisi Atribut :  adalah data yang membedakan antara obyek satu dengan yang lain. Dalam class atribut disebut sebagai Variabel
Contoh: Volcano Robot A Volcanic Exploration Vehicle mempunyai atribut sebagai berikut:

-          Status exploring, moving, returning home
-          Speed in miles per hour
-          Temperature, in Fahrenheit degrees

Behavior/Method

Behavior / tingkah laku adalah hal – hal yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class.
Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu task.

Contoh: Volcano Robot
-          Check current temperature
-          Begin a survey
-          Report its current location

Dalam class behavior disebut juga sebagai method
Methods: adalah serangkaian statmnets dalam suatu class menghandle suatu task tertentu.
Cara objek berkomunikasi dengan objek lain adalah dengan menggunakan method

Enkapsulasi

Enkapsulasi : pembungkusan variabel method dalam sebuah obyek yang terlindungi serta menyediakan interface untuk mengakses variabel tersebut.

Contoh : jam tangan

-          Penting sekali untu, mengetahui waktu
-          Cara jam mencatat waktu dengan baik antara jam bertebaga baterai atau bertenaga gerak tidaklah penting kita ketahui

Pewarisan

Merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah calss ke class lainnya
Class yang mewarisi disebut superclass, dan class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainnya atau disebut Multilevel inheritance

Contoh : terdapat class sepeda dan sepeda gunung.

-          Sepeda = superclass
-          Sepeda gunung = subclass
-          Sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh sepeda.

Prinsip : Persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan.

Keuntungan Inheritance :
-          Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakan dengan superclass memungkinkan programmer untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.

-          Programmer dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan tingkah laku dan state secara umum.

Single dan Multiple Inheritance

-          C merupakan multiple inheritance Suatu class diperbolehkan untuk mempunyai lebih dari satu superclass, variabel dan method yang diwariskan merupakan kombinasi dari superclass-nya.

-          Java merupakan single inheritance. Suatu class hanya boleh mempunyai satu superclass.

Polimorfisme

Kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk.
Polymorphism dapat disamakan dengan Method Overloading, dimana di dalam sebuah class terdapat beberapa method dengan nama sama. Sebuah Method bernama CetakData() yang berfungsi menampilkan data String, tentu tidak bisa menangani masukan berupa data numerik, boolean, ataupun karakter, demikian juga sebaliknya. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan beberapa Method CetakData() yang akan menangani setiap tipe data, sehingga data apapun yang diberikan sebagai parameter tetap bisa diproses.

Untuk mengetahui informasi tentang pemrograman, silahkan kunjungi website ini : Kuliah Algoritma Pemrograman Java

Tidak ada komentar:

Posting Komentar