Senin, 21 Maret 2016

Teknologi Virtual Reality



Virtual Reality atau biasa disebut realitas maya adalah suatu teknologi terbaru yang membuat pemakai dapat merasakan interaksi dengan suatu lingkungan yang nyata atau sebenarnya. Biasanya teknologi Virtual Reality menggunakan suatu alat berbentuk kacamata, contohnya Google Cardboard buatan Google, Oculust Rift buatan Microsoft, Playstation VR buatan Playstation dan yang terbaru adalah Samsung Gear VR buatan Samsung.

Awal dari sejarah pembentukan teknologi ini terjadi pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherand dengan bantuan siswanya yang bernama Bob Sproull. Mereka menemukan Head Mounted Display yang merupakan jendela ke dunia virtual. Beberapa ilmuan telah mengembangkan teknologi tersebut, seperti Myron Krueger (1975), Jaron Lanier (1989), LB Rosenberg (1992) sampai pada tahun 2010, Acrossair menggunakan teknologi VR pada I-Phone 3GS.

Penerapan Virtual Reality banyak sekali, contohnya dibidang militer. Pada bidang militer biasanya digunakan untuk pelatihan tempur. Hal ini dikarenakan para tentara berlatih di bawah lingkungan yang terkendali untuk menghadapi jenis situasi medan pertempuran.

Pada bidang film, kita tidak perlu lagi menonton film di bioskop, cukup menggunakan teknologi Virtual Reality sang pengguna akan merasakan hal yang sama saat menonton film di bioskop secara langsung.
Pada bidang arsitektur, arsitek dapat menggunakan teknologi Virtual Reality untuk membantu mensimulasikan struktur dan desain yang berbeda-beda untuk membantu dalam proses mendesain ruangan, rumah, sekolah atau gedung.

Virtual Reality memiliki dampak positif seperti :



- Dapat membantu meningkatkan kualitas SDM dengan menyediakan berbagai simulasi.

- Simulasi virtual yang diberikan oleh VR harganya jauh lebih murah ketimbang melakukan simulasi sungguhan.

Tidak hanya memiliki dampak positif pada pengguna akan tetapi VR memiliki dampak negatif yaitu :
- Pengguna sering mengalami Cybersickness atau ketegangan terhadap mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang pengguna masih terbawa suasana yang dibuat oleh sistem Virtual Reality walaupun telah kemabali ke dunia nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar